Senin, 31 Oktober 2011

Tips Membeli Handphone Second

Anda tipe pembosan yang hobi gonta-ganti ponsel? Membeli ponsel bekas atau second, adalah alternatif yang bisa dipertimbangkan. Tapi, tentu saja agar Anda tidak merugi akibat membeli ponsel bekas, cermati tip berikut ini.



Ujilah ponsel bekas yang akan Anda beli. Telepon seseorang dan minta ia memberi masukan tentang suara Anda. Langkah ini penting dilakukan untuk meyakinkan bahwa fungsi speaker dan penerimaan ponsel masih baik.

Pastikan kekuatan baterai ponsel. Jika baterainya ternyata dalam kondisi tidak baik, Anda harus membeli sebuah baterai baru yang justru membuat harga ponsel tersebut menjadi lebih mahal.

Waspada membeli ponsel bekas yang tidak dilengkapi charger. Pasalnya, Anda harus memperhitungkan harga charger pengganti. Jika charger dan baterai ponsel tergolong tua atau sulit didapat, harganya juga menjadi lebih mahal.

Periksa nomor IMEI (biasanya tercantum pada label yang ada di bagian belakang ponsel, di bawah baterai). Jika nomor IMEI tidak ada, Anda bisa mengetahui dengan cara menekan *#06# pada keypad ponsel, maka momor IMEI handset tersebut akan tampil dilayar ponsel. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa mainboard di dalam ponsel masih asli atau telah diubah, dengan mencocokan nomor yang tampil di layar dan yang tertera pada label IMEI.

Jangan cepat terpana pada tampilan luar ponsel yang tampak bagus, karena fisik ponsel yang terlihat baru tidak menjamin ponsel tidak bermasalah. Apalagi saat ini cashing ponsel mudah diganti.

Teliti keseluruhan fisik ponsel, pastikan tidak ada cacat akibat goresan atau benturan.

Sumber : Conectique

0 komentar:

Posting Komentar