Senin, 31 Oktober 2011

Sedang Stres? Berolahragalah di Pagi Hari

Rasa lelah dan stres karena pekerjaan membuat Anda malas berolahraga? Jangan biarkan itu terjadi. Beban mental yang Anda rasakan disertai pikiran tertekan akibat pekerjaan, memang bisa membuat olahraga terasa begitu berat dilakukan. Karena itu, Jika biasanya Anda lebih memilih berolahraga seusai pulang bekerja, cobalah mengubah kebiasaan Anda dengan berolahraga di pagi hari pada saat sebelum berangkat kerja.

Menurut Dr Samuele Marcora, peneliti  dari Bangor University, rasa lelah secara mental akan membuat tubuh cepat merasa letih dan kehabisan tenaga. Meskipun gejala ini tidak berefek secara langsung terhadap otot, namun hal tersebut akan membuat Anda kesulitan melakukan aktivitas. Rasa tertekan dan pikiran yang tidak tenang membuat mereka beranggapan bahwa olahraga yang dilakukannya terasa begitu berat dan hanya menambah rasa letihnya. Karena itulah, para ahli menyarankan bagi para pekerja yang memiliki stres tinggi dalam pekerjaannya, agar berolahraga di pagi hari, sebelum berangkat kerja. Selain bisa membuat pikiran lebih fresh juga berdampak pada performa kerja Anda di kantor.

Hasil ini disimpulkan oleh para ahli setelah meminta 16 partisipan untuk berolahraga dengan menggunakan sepeda. Setengah dari jumlah partisipan diminta berolahraga pada saat pikiran mereka sedang relaks, sementara setengahnya lagi dilakukan oleh mereka yang mengalami rasa penat dan lelah secara mental.

Rata-rata para partispan yang mengalami kelelahan secara mental atau pikirannya sedang tidak tenang, 15 persen lebih cepat berhenti berolahraga dibanding dengan mereka yang sedang tidak dibawah tekanan. Hasil ini juga membuktikan, bahwa apapun jenis olahraga yang Anda lakukan akan jauh lebih baik dan mudah dilakukan bila Anda memiliki pikiran yang fresh, tenang dan tidak sedang mengalami stres.

0 komentar:

Posting Komentar