Senin, 01 November 2010

Pintar Kelola Keuangan Lewat Amplop

Anda selalu merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, tiap kali menerima gaji bulanan?  Apakah banyak pos-pos yang terbengkalai karena pengeluaran Anda tidak sesuai dengan budget?.
Seorang pakar ekonomi mikro dan wealth planner, Aidil Akbar Madjid, MBA, CFE, RFC, memberikan solusi mudah dan sederhana untuk mengontrol pengeluaran Anda, sehingga dana yang digunakan sesuai dengan budget yang ada.

Lewat bukunya, ‘Manajemen By Amplop’, Ia menggunakan 3 buah amplop berbeda warna, yakni Merah, Kuning dan Hijau, untuk mengelola keuangan, lengkap dengan sekat untuk masing-masing pos.
   
1 MERAH.
Amplop ini dikhususkan untuk dana investasi. Hanya boleh dibuka ketika Anda akan menginvestasikannya di institusi keuangan. Berisi sekitar 10-20 persen dari penghasilan bulanan Anda. Terbagi untuk dana pendidikan anak, pembelian aset (rumah, tanah dan kendaraan), dana pension, serta dana lainnya seperti rencana naik haji.
     
2 KUNING.
Amplop ini untuk dana Darurat dan Asuransi. Hanya boleh digunakan jika benar-benar dibutuhkan. Berisi sekitar 20-30 persen dari penghasilan bulanan Anda. Terbagi untuk dana darurat, premi asuransi, PBB (setahun dibagi 12) dan STNK.
     
3 HIJAU.
Amplop ini untuk pengeluaran bulanan. Berisi sisa dari penghasilan setelah mengisi dua amplop sebelumnya, Merah dan Kuning. Digunakan untuk pengeluaran makan dan minum sehari-hari, biaya keperluan harian rumah tangga (listrik, telepon dan air), biaya transportasi, dll.

Sumber : Conectique.com

0 komentar:

Posting Komentar